Skip to main content

Perawatan Dan Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah

Cara Mengatasi Kaki Pecah PecahKaki atau tumit pecah-pecah adalah masalah kulit yang banyak dialami orang. Ini memang bukan merupakan masalah kesehatan yang serius, namun kondisi iniĀ  sudah tentu akan mengurangi kenyamanan dan juga rasa percaya diri seseorang, terutama mereka yang senang menggunakan sepatu atau sandal terbuka.

Jika Anda adalah seorang yang sering mengalami masalah kaki pecah, tentu saja sangat penting untuk mengetahui perawatan dan cara mengatasi kaki pecah pecah, sebelum membahas bagaimana perawatan dan cara mengatasinya, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan kaki pecah, berikut diantaranya:

  1. Beberapa kondisi medis seperti:
  • predisposisi kulit kering
  • neuropati otonom, misal pada penderita diabetes menyebabkan kurang berkeringat, tiroid menurunkan tingkat metabolisme tubuh dan pengurangan keringat, hal ini akan mengarah pada kekeringan di kulit.
  • Penderita psoriasis dan eksim
  1. Berdiri terlalu lama, terutama pada lantai yang keras.
  2. Obesitas akan meningkatkan tekanan pada bantalan lemak normal di bawah tumitĀ  dan menyebabkan lemak meluas ke samping.
  3. Sepatu yang pada bagian tumitnya terbuka, memungkinkan lemak di bawah tumit meluas ke samping dan meningkatkan tekanan untuk retak.

Adapun untuk perawatan dan cara mengatasi kaki pecah pecah adalah sebagai berikut:

  1. Jangan mengikis kulit yang menebal dengan menggunakan silet atau benda tajam lainnya, karena berisiko menyebabkan berkembangnya infeksi.
  2. Rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit, kemudian gosok secara perlahan menggunakan batu apung. Setelah itu, cuci kaki dengan sabun berformula lembut.
  3. Oleskan krim khusus pada kaki dua kali sehari, agar kaki lembab dan tidak mudah pecah-pecah.
  4. Waktu terbaik untuk mencuci kaki adalah sebelum tidur, karena kaki akan beristirahat dan tidak terkena debu.
  5. Segera keringkan kaki setelah dicuci, karena kaki yang basah atau lembab akan menjadi sarang kuman dan bakteri.
  6. Hindari menggunakan sepatu yang terlalu sempit, terbuka atau bersol tipis, karena dapat menyebabkan retak atau pecah-pecah semakin parah dan tumit luka.
  7. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, hindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Jika terpaksa harus menggunakan sepatu berhak tinggi Anda dapat menggunakan bantalan tumit untuk melindungi tumit dari tekanan sepatu yang keras.
  8. Saat berada di rumah, kenakan sandal atau sleepers untuk mencegah tumit yang pecah-pecah terkena partikel debu di lantai.

Jika Anda memiliki masalah kaki pecah yang parah dan tidak kunjung hilang meski sudah mengikuti tips perawatan diatas, jangan khawatir, berikut ini adalah perawatan dan cara mengatasi kaki pecah pecah yang ampuh dengan menggunakan bahan-bahan alami:

  1. Menggunakan batu Apung

Penggunaan batu apung untuk mengatasi kaki pecah-pecah sudah dilakukan bahkan sejak jaman nenek moyang karena batu apung memiliki permukaan yang kasar sehingga dapat digunakan untuk menggosok permukaan tumit yang pecah. Lakukan cara ini saat Anda mandi, karena kulit akan lebih lembab sehingga kulit mati akan lebih mudah untuk terkelupas dan tidak sakit sebagaimana saat kaki dalam keadaan kering.

  1. Menggunakan Gliserin dan air mawar

Cara dipercaya sebagai cara yang cepat menghilangkan tumit pecah-pecah. Caranya adalah dengan mengoleskan gliserin dan air mawah pada tumit atau pada seluruh bagian kaki, biarkan selama 20-30 menit, kemudian bersihkan dengan menggunakan handuk bersih yang lembut.

  1. Menggunakan pasta alpukat dan pisang

Perawatan dan cara mengatasi kaki pecah pecah dengan menggunakan hasil campuran buah alpukat dan pisang ini telah banyak dilakukan, tidak terkecuali juga oleh mereka yang berada di luar negeri. Caranya adalah dengan mengambil 100 gram alpukat yang sudah dihaluskan dan campurkan dengan 100 gram pisang lumat, selanjutnya oleskan campuran pada seluruh bagian kaki yang mengalami pecah-pecah. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Selamat mencoba dan semoga berhasil