Skip to main content

Panduan Cara Memilih Kosmetik yang Baik & Aman Di Kulit

tips memilih kosmetikKosmetika dan wanita adalah dua kata yang tidak terpisahkan. Peran kosmetik bagi wanita sangat penting yaitu untuk menunjang penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri. Beberapa wanita bahkan mengaku bahwa mereka tidak dapat melalui hari tanpa menggunakan kosmetik. Tentu saja ini akan menjadi pangsa pasar yang sangat empuk bagi mereka para pelaku bisnis kosmetik, sehingga tidak heran jika kemudian ada banyak sekali produk kosmetik yang ditawarkan di pasaran, dimana masing-masing produk memiliki kharakteristik, kelebihan dan kekurangan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Karena itulah Anda harus lebih selektif dalam memilih jenis kosmetik yang akan digunakan, terutama untuk penggunaan jangka panjang. Agar tidak salah dalam memilih, berikut ini adalah beberapa cara memilih kosmetik yang dapat Anda ikuti:

  1. Berlabel halal

Pilihlah produk kosmetik yang terdapat label halal pada kemasannya. Yang berarti produk tersebut telah tersertifikasi halal oleh LPPOM MUI atau Lembaga Sertifikasi Halal di Indonesia. Tentu saja ini bisa membuktikan bahwa produk tersebut telah diuji oleh lembaga tersebut untuk mengetahui kandungan yang ada dalam produk.

  1. Alergy testing

Seperti Anda ketahui bahwa dalam sebuah produk kosmetik terdapat kandungan kimia. Sebelum memutuskan untuk membeli paket kosmetik, sebaiknya pastikan bahwa kulit Anda tidak memiliki masalah atau alergy dengan bahan-bahan pada kosmetik tersebut. Caranya adalah dengan mengoleskan kosmetik tersebut pada bagian lengan atau belakang leher, jika menimbulkan reaksi gatal atau perih jangan dibeli, karena itu berarti produk kosmetik tersebut tidak cocok untuk jenis kulit Anda.

  1. Legalisir dari BPOM

BPOM adalah lembaga yang secara khusus bertugas untuk mengasiĀ  obat dan makanan yang ada beredar di Indonesia. Produk yang telah mendapatkan sertifikasi dari lembaga ini sudah tentu memiliki keamanan dan kualitas yang terjamin.

  1. Perhatikan komposisi

Cara memilih kosmetik selanjutnya adalah dengan memperhatikan komposisi bahan pada kosmetik sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dan keamanan produk. Berikut adalah beberapa bahan yang harus diperhatikan:

  • Ini termasuk logam berat yang berbahaya. Pada kulit dapat menyebabkan bintik hitam, alergi dan iritasi. Merkuri tidak dapat diurai tubuh, sehingga saat merkuri menembus lapisan kulit ia akan menumpuk pada ginjal. Pada paparan jangka pendek dapat menyebabkan diare dan kerusakan paru-paru, sementara pada pemakaian jangka panjang dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal dan otak.
  • Zat ini tergolong obat keras. Paparan hidroquinon dapat menyebabkan iritasi kulit sehingga menjadikan kulit tampak merah, terbakar. Penggunaan hidroquinon dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal, kanker darah dan kanker hati.

Beberapa kosmetik menggunakan kedua zat tersebut karena dapat memberikan hasil yang lebih cepat, terutama untuk membuat kulit menjadi putih dan mulus. Namun seperti diketahui kedua zat ini sangat berbahaya bagi kesehatan, tertutama jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Karena itulah cara memilih kosmetik yang baik, sangat penting untuk menghindari kedua zat tersebut.

  1. Tanggal kadaluarsa yang jelas

Beberapa jenis kosmetik tidak menyertakan tanggal kadaluarsa produk, padahal hal ini sangat penting untuk mengetahui usia efektif produk kosmetik tersebut. Menggunakan produk kosmetik yang telah kadaluarsa dalam menimbulkan banyak persamalahan, mulai dari kerusakan kulit hingga keracunan.

Dengan menerapkan beberapa cara memilih kosmetik diatas, tentu saja akan membantu Anda dalam menemukan jenis kosmetik yang tidak hanya cocok dan bagus untuk kulit Anda, tetapi juga baik untuk kesehatan, baik jangka pendek maupun panjang.