Skip to main content

Mengenal 4 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit

manfaat madu kecantikanKulit adalah bagian paling luar tubuh yang selain sebagai pelindung organ penting juga memiliki pengaruh besar terhadap penampilan seseorang. Seorang wanita yang cantik akan delalu diidentikkan dengan mereka yang memiliki kulit sehat, putih dan bersih. Sehingga tidak heran jika kemudian banyak wanita yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kulit putih dan bersih. Saat ini pun ada banyak sekali produk kecantikan kulit yang menawarkan janji-janji manis seperti membuat kulit putih dalam waktu singkat, menghilangkan jerawat, flek dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua produk kosmetik itu aman dan halal, beberapa dari mereka bahkan menggunakan mercury dan hydroquinone yang snagat berbahaya bagi tubuh. Karena itulah menggunakan bahan-bahan alami sebagai produk perawatan kecantikan lebih direkomendasikan.

Madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia.  Madu adalah ekstrak alami yang dihasilkan dari sarang lebah. Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari madu, baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas manfaat madu untuk kesehatan kulit . Madu memiliki banyak sekali khasiat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, sehingga tidak heran jika saat ini ada banyak sekali kosmetik yang diadopsi dari formulasi madu. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari madu untuk kesehatan dan kecantikn kulit:

Mencegah Kulit Keriput dan Penuaan Dini

Kulit keriput dan menjadi tua sebelum waktunya dapat terjadi pada siapa saja, terutama mereka yang sering stres, tidak memperhatikan pola hidup sehat, kurangnya waktu istirahat dan banyak faktor lainnya. Tentu tidak seorang pun mengharapkan ini terjadi, terutama bagi para kaum hawa. Karena itulah sangat penting untuk menjalankan pola hidup sehat, cukup istirahat dan menghindari stress. Anda juga dapat menyertakan madu sebagai upaya pencegahan kulit keriput dan penuaan dini, karena salah satu dari manfaat madu  untuk kesehatan kulit adalah mencegahnya dari kering dan keriput. Adapun caranya sangat mudah, rebus 4 sdm madu, 1 sdm kayu manis bubuk dalam 3 cankir air. Kemudian minum 3 kali sehari secara rutin. Selain untuk mencegah kulit keriput dan penuaan dini, ramuan ini juga efektif untuk meningkatkan stamina. Anda juga dapat mengatasi kulit wajah yang mengeriput dengan menggunakan masker campuran dari madu dan putih telur.

Menyegarkan Kulit Wajah

Manfaat madu untuk kesehatan kulit lainnya adalah sebagai toner dimana madu akan menjadikan kulit wajah menjadi lebih segar, kencang dan lembab. Caranya adalah dengan membuat campuran madu dan kulit jeruk yang diblender dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan beberapa saat hingga mengering kemudian basuh menggunakan air hangat.

Melembabkan Kulit

Madu bermanfaat unruk memberikan kelembaban pada kulit, terutama pada kulit wajah. Tentu saja ini sangat cocok untuk Anda para pemilik kulit kering. Pengguunaan madu sebagai masker wajah secara rutin akan menjadikan kulit wajah Anda menjadi lebih lembab, segar dan kenyal. Adapun cara menggunakan madu untuk melembabkan kulit adalah dengan mengoleskan madu ke seluruh permukaan wajah seperti halnya saat Anda menggunakan masker wajah. Tunggu beberapa saat hingga madu mengering kemudian  bilas dengan menggunakan air hangat.

Menghilangkan Flek dan Bekas Jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah flek pada wajah dan juga noda bekas jerawat, menggunakan madu sebagai produk perawatan kecantikan juga sangat direkomendasikan, karena salah satu dari manfaat madu untuk kesehatan kulit adalah dengan menghilangkan flek dan bekas jerawat. Caranya adalah dengan membuat campuran madu dan air perasan jeruk nipis yang kemudian digunakan sebagai masker wajah.

Nah, bagaimana setelah mengetahui apa saja manfaat madu untuk kecantikan dan kesehatan kulit, apakah Anda masih tertarik untuk mennggunakan kosmetik berbahaya yang dijual dengan harga selangit itu? Pikirkan kembali, karena kalau ada yang aman dan murah, kenapa harus mengambil resiko dan membuang banyak uang?