Skip to main content

Ini Dia 7 Panduan Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

cara-merawat-rambut-wanita-berhijabRambut merupakan mahkota wanita, ungkapan ini tentu sering Anda dengar. Ya, rambut memang sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang, karena itu keindahannya harus senantiasa dijaga. Lalu bagaimana dengan Anda yang berhijab? Apakah ini berarti bahwa Anda tidak perlu menjaga dan merawat rambut karena rambut tidak ditampakkan? Tentu saja tidak, meskipun Anda mnegenakan hijab, tentu saja kesehatan dan keindahan rambut harus dijaga dengan baik. Karena seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga dapat mengalami penurunan kualitas apabila tidak dirawat dengan baik.

Hal ini ditunjukkan dengan berbagai kondisi seperti rambut bercabang, rambut kusam, rambut rontok, berketombe, pertumbuhan rambut sangat lambat dan lain sebagainya. Tentu Anda tidak menginginkan ini terjadi bukan, karena itulah sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut, apalagi untuk Anda para hijaber yang berarti rambut Anda selalu tertutup hijab, tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan juga tidak terkena sinar matahari. Oleh sebabnya merawat rambut untuk wanita berhijab juga harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini kami berikan panduan perawatan rambut untuk wanita berhijab:

  1. Perhatikan kebersihan rambut

Meskipun Anda mengenakan hijab setiap hari, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kebersihan rambut Anda. Rambut yang bersih tidak hanya akan leibih sehat, tetapi juga akan lebih nyaman untuk Anda.

  1. Pilih shampoo yang tepat

Saat ini ada banyak sekali jenis shampoo yang ada di pasaran dimana masing-masing jenis memiliki formulasi yang berbeda yang tentu saja direkomendasikan untuk jenis rambut yang berbeda. Untuk itulah Anda harus lebih selektif dalam memilih jenis shampoo dan pastikan bahwa shampoo yang Anda gunakan sesuai dengan jenis dan kondisi rambut.

  1. Hindari menggunakan hijab saat rambut basah

Hindari menggunakan hijab saat rambut masih dalam kondisi basah, selain membuat tidak nyaman menutup rambut yang basah akan memicu timbulnya ketombe karena jamur berkembang subur di lingkungan yang lembab, selain itu menggunakan hijab saat rambut masih basah juga dapat membuat rambut menjadi bau. Sebelum menutup rambut dengan hijab, pastikan rambut dalam keadaan kering.

  1. Jangan mengikat rambut terlalu kuat

Mengikat rambut terlalu kuat juga merupakan salah satu faktor pemicu rusaknya rambut, karena ikatan rambut yang terlalu kuat akan membuat pasokan nutrisi dan pada bagian ujung terhambat sehingga dapat mengakibatkan rambut mudah patah.

  1. Sesekali bebaskan rambut untuk menikmati sinar matahari

Sinar matahari juga dibutuhkan oleh rambut untuk menutrisinya, terutama sinar matahari pagi. Karena itulah merawat rambut untuk wanita berhijab juga sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk memberikan kesempatan pada rambut menyapa sinar matahari, tidak perlu berlama-lama 5 hingga 10 menit saja sudah cukup.

  1. Gunakan hair tonic

Penggunaan hair tonic akan membantu rambut Anda menjadi lebih kuat, sehingga tidak mudah patah ataupun rontok. Saat ini ada banyak sekali produk hair tonic yang ada di pasaran, pilihalah yang paling sesuai dengan jenis rambut Anda dan memiliki formulasi yang bagus.

  1. Pilih bahan hijab yang memiliki sirkulasi udara bagus

Ada banyak sekali jenis hijab yang dapat Anda temukan, demikian juga dengan pilihan bahannya yang sangat bervariasi. Dalam pemilihan jenis hijab yang akan digunakan, perhatikan juga kenyamanan dan keramahannya terhadap rambut Anda. Pilihlah hijab dengan bahan yang sejuk, menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Setelah mengetahui panduan  merawat rambut untuk wanita berhijab, kini Anda para hijabers tidak perlu lagi melakukan perawatan rambut dengan menghabiskan banyak uang  untuk pergi ke salon. Semoga bermanfaat.