Skip to main content

Berikut Ini 6 Cara Aman Menggunakan Produk Pemutih Kulit

6 cara-memutihkan-kulit-tubuhKulit yang cantik dan sehat adalah dambaan setiap wanita. Bahkan untuk mendapatkannya, tidak sedikit wanita yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk pemutih kulit, melakukan perawatan eksklusif hingga operasi plastik. Cara-cara instant ini memang memberikan hasil yang cepat, namun harus diketahui bahwa ada banyak sekali efek samping yang ditimbulkan, baik itu efek samping jangka panjang maupun pendek. Karena itulah Anda harus lebih bijak dan selektif dalam memilih dan menggunakan produk kecantikan.

Saat ini memang ada banyak sekali produk pemutih kulit yang ada di pasaran dimana masing-masing produk memiliki formulasi berbeda yang tentu saja memberikan hasil serta efek samping yang berbeda antara satu dengan lainnya. Tugas Anda adalah untuk menemukan produk pemutih kulit yang baik dengan seminimal mungkin efek samping. Berikut adalah cara aman menggunakan produk pemutih kulit yang dapat Anda ikuti:

  1. Sebelum membeli produk pemutih dan aneka kosmetik lainnya, perhatikan kandungan dan dosis bahan yang digunakan. Apabila dalam produk pemutih tersebut mengandung salah satu bahan dan zat kimia berbahaya, sebaiknya urungkan niat untuk membelinya. Karena selalu akan ada resiko dampak panjang dari penggunaan produk pemutih kulit yang diformulasikan dengan bahan berbahaya seperti mercury, hidroquinone, rodhamine dan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya. Adapun ciri dari produk pemutih yang berbahaya diantaranya adalah:
  • Efek langsung bisa dirasakan dalam waktu dekat
  • Timbul iritasi pada awal pemakaian seperti gatal-gatal, wajah merah, pusing, mual dan reaksi lainnya.
  • Wajah tampak berminyak dan tidak alami
  • Menjadikan kulit wajah terlihat tipis
  • Flek hitam meluas dan warna kulit kembali menjadi gelap saat pemakaian produk pemutih dihentikan
  • Wajah terlihat merah dan menimbulkan sensasi kulit tebakar ketika terkena panas matahari
  1. Cara aman menggunakan produk pemutih kulit lainnya adalah dengan memilihlah kosmetik yang telah terdaftar di BPOM dan memiliki legalisir MUI. Karena jika mereka telah terdaftar pada dua otoritas ini, maka dapat dipastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan aman dan halal.
  2. Jangan menggunakan produk pemutih kulit dalam dosis berlebih karena dapat menimbulkan masalah serius. Sebisa mungkin minimalkan penggunaan produk pemutih kulit, karena semakin sering dan banyak Anda menggunakannya, maka akan semakin sulit bagi Anda untuk bisa meninggalkannya.
  3. Hindari memilih produk pemutih kulit yang menimbulkan ketergantungan, misalnya saat menggunakan kulit jadi putih dan bersih, namun setelah pengunaan dihentikan, kulit jadi kembali gelap atau bahkan lebih gelap dari sebelumnya. Biasanya produk yang menimbulkan ketergantungan adalah produk yang memberikan hasil secara instant. Karena itu jangan tergoda dengan produk yang memberikan janji hasil dalam waktu singkat.
  4. Akan lebih baik jika Anda mengkonsultasikan kepada dokter spesialis kulit dan kecantikan, mereka akan mengetahui jenis kulitmu, memeriksa tingkat sensitivitas kulit dan memberikan rekomendasi produk apa yang sesuai dengan kulit Anda.
  5. Imbangi dengan asupan gizi seimbang, banyak minum air putih dan cukup istirahat. Selain untuk mengoptimalkan kerja produk pemutih kulit, cara ini juga akan menjaga agar tubuh tetap fit dan kulit ternutrisi. Nutrisi yang cukup dan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit sebenarnya sudah cukup untuk membuat kulit lebih bersih dan sehat. Namun jika menginginkan kulit lebih putih dan memukau, pastikan Anda hanya menggunakan produk pemutih kulit yang aman.

Setelah mengertahui cara aman menggunakan produk pemutih kulit semoga Anda dapat lebih bijak dalam memilih produk kosmetik dan perawatan kulit yang digunakan. semoga bermanfaat